Kehamilan Anak Pertama

Date July 17, 2008

:: Tips-tips Kehamilan ::

Supaya Subur & Cepat Hamil

:: Kehamilan Anak Pertama ::

Dear teman2 semua,

Saya dan istri saya sangat bersyukur kepada Tuhan Yesus karena anugerahNya yang begitu besar kepada kami.
Sejak awal pernikahan kami, kami sangat merindukan seorang anak, yang nantinya untuk memuliakan Tuhan.
Puji Tuhan, Haleluya, pergumulan kami dijawab oleh Tuhan setahun pernikahan kami, sehingga pada tanggal 17 July 2008, kami periksa baik test pack dan ke dokter kandungan, istri saya positif hamil.
Dan Tuhan telah mengirimkan kami dokter yang baik, yaitu dr. Onto yang bisa membuat istri saya nyaman dan konseling yang baik terhadap kami.
Tolong dukung dalam doa agar janin kami baik.

Tips-tips untuk hamil, silakan klik di sini

Saya akan monitor perkembangan setiap perkembangan, dan update selalu.

  • Mens Terakhir: 9 Juni 2008
  • Perkiraan Kehamilan: 25 Juni 2008

Dalam perhitungan kedokteran, yang umur kehamilan bukan dari perkiraan hamil, melainkan dari hari pertama mens terakhir.

TRIMESTER PERTAMA

Bulan I :: Minggu I: 16-22 Juni 2008

Bulan I :: Minggu II: 23-29 Juni 2008
Menurut perkiraan hamil jatuh tanggal 25 Juni 2008. Tapi ini tidak dijadikan patokan kehamilan, karena yang dijadikan patokan kehamilan dari tanggal mens terakhir.  Di minggu ini tidak ada tanda-tanda khusus.

Bulan I :: Minggu III: 30 Juni – 7 Juli 2008
Minggu ini tanda-tandanya seperti mau dapat haid seperti:

  • Buah dada dan puting susu mengeras
  • Emosi lebih sensitif

Bulan I :: Minggu IV: 7 Juli – 13 Juli 2008

  • Ikut Body Combat dan ikut Outbound, ini karena kita belum tahu bahwa sedang hamil
  • Puji Tuhan, tidak ada flek atau perdarahan karena Body Combat dan Outbond
  • Pusing sedikit tapi tidak sering
  • Pinggul sedikit membesar

Bulan II :: Minggu V: 14 Juli – 20 Juli 2008

  • Baru tahu kehamilan tanggal 17 Juli 2008
  • Perut agak sakit
  • Buah dada mengeras dan sakit susu putingnya
  • Emosi seperti mau haid
  • Pinggul makin membesar
  • Sering mengantuk

Bulan II :: Minggu VI: 21 Juli – 27 Juli 2008

  • Buah dada kenyal dan susu puting tidak sakit lagi
  • Lebih sensitif
  • Bawaannya mengantuk terus

Bulan II :: Minggu VII: 28 Juli – 3 Agustus 2008

  • Buah membesar dan lebih lembut
  • Lebih malas bergerak
  • Bawaannya mengantuk terus
  • Mual-mual tapi tidak muntah, tidak hanya di pagi hari tapi siang dan malam hari

Bulan II :: Minggu VIII: 4 Agustus – 10 Agustus 2008

  • Morning sick lebih sering sore hari, jadi namanya afternoon sick :-P
  • Pakaian dalam dan luar sudah tidak muat lagi, sehingga harus beli yang lebih besar lagi
  • Selalu mengantuk

Bulan III :: Minggu IX: 11 Agustus – 17 Agustus 2008

  • Sensitif sekali bila mencium polusi udara dan bau rokok
  • Tetap sering mengantuk

Bulan III :: Minggu X: 18 Agustus – 24 Agustus 2008

  • Tanggal 22-24 Agustus terbang ke Jogja, karena udaranya sejuk tidak ada rasa eneg sama sekali.
  • Tetapi begitu balik tanggal 24 Agustus siang, ternyata eneg lagi karena polusi udara Jakarta. Kesimpulannya carilah udara segar di luar Jakarta kalo bisa :-D

Bulan III :: Minggu XI: 25 Agustus – 30 Agustus 2008

  • Sering Sendawa
  • Morning sick selalu setiap sore -> afternoon sick :-D
  • Perut selalu kembung
  • Kalau minum banyak, pasti makin eneg. Jadi harus minum sedikit-sedikit tidak bisa sekaligus minum 1 gelas.

Bulan III :: Minggu XII: 1 September – 7 September 2008

  • masih sama ciri-cirinya dengan minggu XI

TRIMESTER KEDUA

Bulan IV :: Minggu XIII: 8 September – 14 September 2008

  • masih sama ciri-cirinya dengan minggu XI
  • keputihan yang wajar

Bulan IV :: Minggu XIV: 15 September – 21 September 2008

  • Sendawa, kuantitasnya berkurang
  • Morning sick setiap sore, kadar mualnya menjadi berkurang
  • Perut kembung tetap
  • Makan dan minum tetap harus sedikit-sedikit

Bulan IV :: Minggu XV: 22 September – 29 September 2008

  • Periksa ke dokter, dokter mengatakan seharusnya naik 2 kg setiap bulan. Tetapi kali ini turun 0.5 kg
  • Berat badan 54.5 kg
  • Hasil USG: Ukuran bayi adalah ukuran minggu ke-15, padahal masuk kehamilan minggu ke-16. Minggu ini makan sebanyak-banyaknya untuk mengejar naik berat badan agar janin bertumbuh sesuai dengan ukuran yang seharusnya

Bulan IV :: Minggu XVI: 29 September – 5 Oktober 2008

  • Program menaikan berat badan berhasil, dalam satu minggu naik 1 kg
  • Berat badan 55.5 kg

Bulan V :: Minggu XVII: 6 Oktober - 12 Oktober 2008

  • Program menaikan berat badan berhasil naik 1 kg
  • Berat badan menjadi 56.5 kg
  • Disengat tawon di bagian paha kiri…sakit sekali seperti disuntik. Langsung ke dokter dan dikasih salep. Tapi gak mempan, akhirnya kita kasih minyak Tawon langsung menciut. Puji Tuhan 3 hari sudah pulih dari sengatan tawon.
  • Menurut yang saya baca, ibu hamil itu punya suhu tinggi sehingga jadi sasaran tawon. Disangkanya tawon ibu hamil ini madu, jadi dia main caplok aja

Bulan V :: Minggu XVIII: 13 Oktober - 19 Oktober 2008

  • Program menaikan berat badan berhasil naik 1 kg
  • Berat badan menjadi 57.5 kg

Bulan V :: Minggu XIX: 20 Oktober – 26 Oktober 2008

  • Berat badan menjadi 59 kg, dibandingkan dengan bulan lalu periksa ke dokter adalah 54.5 kg. Kali ini kejar target oke :-D
  • Hasil USG: Ukuran bayi adalah ukuran minggu ke-22, meskipun masuk kehamilan minggu ke-20. Lebih baik di atas normal, daripada di bawah normal.

Bulan V :: Minggu XX (27 Oktober 2008) – Minggu XXII (16 Nopember 2008)

  • Bayi udah mulai nendang-nendang :-D

Bulan VI :: Minggu XXIII: 17 Nopember – 23 Nopember 2008

  • Berat badan menjadi 61.5 kg, naik 2.5 kg dibanding dari bulan sebelumnya.
  • Setelah di-USG 3 dimensi, bayi menghadap ke belakang, jadi dokter agak sulit mendapatkan jenis kelaminnya
  • Indikator yang ditemukan sementara: laki-laki, karena terlihat baksonya

Bulan VI :: Minggu XXIV: 24 Nopember – 30 Nopember 2008

  • masih sama ciri-cirinya dengan minggu XXIII.

TRIMESTER KETIGA

Bulan VII :: Minggu XXV (1 Desember 2008) – Minggu XXVI (14 Desember 2008)

  • masih sama ciri-cirinya dengan minggu XXIV

Bulan VII :: Minggu XXVII: 15 Desember 2008 - 21 Desember 2008

  • Setelah di-USG semakin jelas bahwa bayi laki-laki :-D
  • Berat badan tambah 4kg, menjadi 65.5 kg
  • Kedua kaki makin bengkak, tapi kata dokter itu normal

Minggu berikutnya saya akan update.

Puji Tuhan, telah lahir anak kami: Devothy Elnathan Siregar, berat 2.670 kg, panjang 47 cm. Jenis kelamin cowok.

God bless you all
Saya dukung dalam doa juga untuk teman2 yang merindukan anak, agar anugerah Tuhan juga dilimpahi kepada teman2. AMIN.

Ratings :

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 4.75 out of 5)
Pregnant

Saya dan istri saya sangat bersyukur kepada Tuhan Yesus karena anugerahNya yang begitu besar kepada kami. Sejak awal pernikahan kami, kami sangat merindukan seorang anak, yang nantinya untuk memuliakan Tuhan. Puji Tuhan, Haleluya, pergumulan kami dijawab oleh Tuhan setahun pernikahan kami, sehingga pada tanggal 17 July 2008, kami periksa baik test pack dan ke dokter kandungan, istri saya positif hamil.

">
Loading ... Loading ...

31 Responses to “Kehamilan Anak Pertama”

  1. Inilah Alasan Kenapa Anda Harus Bergabung Dengan Oriflame said:

    selamat ya … doain saya juga donk, sudah 1 tahun lebih belum ada tanda2 kehamilan …. thanks GBU

    Reply

  2. mayang said:

    Selamat malam….
    saya berumur 23 tahun,sudah 6 bulan menikah.Pengen banget punya momongan.
    pernah periksa ke dokter kndungan dan dikasih obat ampicilin dan grafisol tapi setelah 4 hari minum obat perut saya nyeri.Saya tidak melanjutkan minum obat karena takut.apakah tidak berbahaya minum obat antibiotik terus2an??
    dokter bilang kalau ad infeksi dalam rahim sayayang ditunjukkan hasil USG rahim berwarna abu-abu dan tidak hitam,apakah kalau saya tidak minum obat dan dibiarkan secara natural saya bisa hamil??
    makasih.

    Reply

  3. benhug said:

    istri saya haid terakhir tanggal 4 bulan 7 tahun 2009, kami nikah tanggal 20 bulan 7 tahun 2009. sekarang istri saya sudah hamil, namun belum melahirkan. kata dokter harusnya tanggal 11 april sudah lahir, apa yang harus saya lakukan, tolong tanggapannya. terimakasih

    Reply

  4. Vina said:

    Pak saya mau tanya,
    Saya pernah melakukan hubungan bersama suami saya waktu haid hari ke 6 (sudah mau selesai) nah apakah bisa terjadi kehamilan atau tidak? sedangkan suami saya mengeluarkan spermanya diluar,karna saya haid tadi. Saya tunggu jawaban bapak.

    Terima kasih…

    Reply

  5. DR said:

    O ya, ada informasi yang mengatakan bahwa mual2 atau morning sick pada wanita hamil itu sebenarnya bagus, karena menghindarkan ibu mengonsumsi makanan yang tidak layak untuk janin …

    Saya baca dari link ini:
    http://www.infowanita.com/index.php/section/article/topic_id/1/code/motherbaby/cat_id/16/art_id/67/title/Morning_SickIs_it_a_Good_Thing

    Nanti, kalau pak Jeffry ada waktu, baru balas …

    Met beraktivitas … ^_^

    Reply

  6. DR said:

    Ternyata pak Jeffry juga paksa istri makan ya … haha …

    Kalau saya juga sama, saya paksain makan daging & ikan sampai istri bete (padahal ikan uda dikukus, tidak berlemak sama sekali), kadang saya marahin, sampai dia bilang: ‘Mau lihat saya muntah ya, baru puas ?’ … Lalu saya bilang, ‘Bukan begitu .. Ini kan demi kesehatan janin. Kalo ga hamil, juga saya tidak bakalan paksa kq’. Tapi, syukurlah, itu awal-awal kehamilan dan bete-nya ga lama2 amat … Kalo diingat lagi, lucu kejadiannya … haha … Smp sekarang, kalau saya paksain makan, istri diam-diam saja .. sambil merengut kalo memang makanannya ga bisa masuk … Makannya superrr lambat .. Kadang kalau saya lihat istri makan, saya ikutan capeekk … hehe ..

    Bahkan, pemeriksaan ke dokter pada bulan ke-3, berat badan istri hanya naik 0,5 kg dari berat normal sebelum hamil. Tapi, pemeriksaan USG menyatakan bahwa panjang dan berat janin normal (dalam batas aman). Pada saat itu, panjang janin mencapai 7++ cm, dan kita sudah bisa melihat aktivitas janin di dalam rahim, kakinya digerakkan seperti mendayung sepeda .. haha. Bahagia bener …

    Sepulang dari dokter, barulah istri lebih mengonsumsi telur, daging dan ikan, walaupun hanya dalam jumlah sedikit dan suka mual-mual …

    Mudah-mudahan pak Jeffry benar dan mualnya segera berakhir pada bulan ke-4 atau bulan ke-5 …

    Saya akan terus paksa terus istri saya makan yang bergizi …
    Cape rasanya kalo lihat istri ga bisa makan …

    Thanks pak Jeffry buat balasannya :)

    Reply

  7. DR said:

    Wahhhh … lucunya bayi pak Jeffry …
    begitu buka blog ini, saya langsung tersenyum2 sendiri, turut berbahagia melihat bayi pak Jeffry, apalagi dapatnya cowok (gacok keluarga) … haha :)

    Selamat atas lahirnya Devothy ^_^

    Mau lanjut sharing sama pak Jeffry …
    Syukurlah, keadaan istri saya baik-baik saja …
    Saat ini, sudah menginjak kehamilan bulan ke-4 …
    masih sering mual-mual dan sama sekali tidak berminat makan daging, ikan atau protein hewani lain yang berlemak … Saya aga cemas juga …

    Kekurangan protein dari tidak mengonsumsi protein hewani, saya tutupi dengan konsumsi kacang-kacangan, susu, roti, gandum, sereal … Dan satu lagi, istri saya paling suka makan jagung … kalo makan nasi, katanya tidak selera …

    Saya berharap saja mudah-mudahan mual-mualnya cepat hilang …
    Kalau boleh tanya, istri pak Jeffry mual2 sampai bulan ke berapa ?
    Kemudian, menurut pak Jeffry, apakah ketidakengganan istri saya untuk mengonsumsi daging, ikan atau protein hewani yg berlemak, akan berpengaruh terhadap janin ?

    Thanks pak Jeffry …

    Selamat sekali lagi atas lahirnya Devothy …
    Saya doakan menjadi anak yang sehat, cerdas dan bersahaja :)

    Reply

    admin Reply:

    Mas DR…
    Wajar kok hamil 3 – 5 bulan masih mual. Istri saya baru hilang di bulan ke-4.
    Waktu bulan ke-4 istri saya maunya hanya bubur kacang ijo di pagi hari, dan jadi turun beratnya. Begitu kami ke dokter, langsung dimarahin sama dokternya karena makanannya tidak bergizi.
    Jadi saya paksa istri saya untuk makan yang berbobot , jadi makan 4 sehat 5 sempurna, dan banyakin. Awalnya sih gak tega juga, tapi ini demi anak, agar anak bertumbuh.
    Awalnya istri saya eneg-eneg karena saya paksa, lama2 bulan ke-5 dan seterusnya gak perlu dipaksa otomatis banyak makan.

    Jadi, intinya kita sebagai suami harus sedikit tega untuk paksa istri makan banyak dan bergizi, meskipun mual2. Ketika 1 minggu dipaksakan, pasti minggu2 berikutnya jadi terbiasa, bahkan pengen lebih lagi.
    Jadi mas DR paksa istri makan daging, ikan, semua yang berbobot dan bergizi. Bilang ke istri: “Pilih eneg sekarang atau pas lahiran eneg liat bayinya?”.
    Saya waktu itu marahin istri saya, dan akhirnya dia jadi mau makan meskipun eneg.
    Puji Tuhan anak saya jadi bagus beratnya.

    Terima kasih mas DR….

    Reply

  8. nitha said:

    hallo pak Admin….
    selamat ya atas kelahiran anak pertamanya, semoga menjadi anak yg berbakti kepada kedua orang tua, baik akhlak dan budi nya… amin, lucu ya anak nya pak Admin…. saya jadi deg2 an juga menunggu persalinan saya, sekarang udah 8 bulan, mau nya sih normal, salam buat keluarga ya Pak Admin….

    Reply

    admin Reply:

    Halo juga mbak Nitha..
    Terima kasih atas ucapannya.

    Wah sudah sebentar lagi nih mbak Nitha melahirkan. Tipsnya sering jalan setiap hari minimal 1 jam, agar kepala bayi masuk ke tulang panggul mbak Nitha.
    Untuk suami mbak Nitha pada saat persalinan sangat diperlukan untuk mengurus administrasi, nego dengan dokter, kontrol suster, dsb.

    Pengalaman saya: saya yang meminta kepada kepala suster di rumah sakit agar dituliskan di buku pasien:
    1. Tidak pakai susu formula
    2. Tidak pakai dot
    3. Hanya ASI Eklusif

    Maklum saya ini nge-fans sama ASI, karena ASI yang terbaik. Sedangkan rumah sakit banyak kasus suster yang memberikan susu formula tanpa seijin orang tuanya, sehingga saya sebagai ayah dan suami benar-benar mengawasi suster agar dia benar2 melakukan yang saya minta, dan semuanya berjalan sesuai yang saya harapkan.

    Sukses buat mbak Nitha dan suami.. :-D

    Reply

  9. fitri said:

    Pak Admin, pa kbr ?
    Gimana kbr istrinya, apa udah lahiran ? Semoga slamat ya.. :)
    Alhamdulillah, usia kandunganku udah masuk 8 bulan.. Cuma rasa lelah & ngantuk semakin bertambah.. Ada saran gimana ngatasinnya ga ya pak Admin ?
    Trm kasih.

    Reply

    admin Reply:

    mbak Fitri..
    Kabar baik.
    Istri sudah melahirkan 6 Maret 2009.

    Lelah dan ngantuk memang wajar sih, sebaiknya sering istirahat dan banyak jalan.
    Waktu itu istri saya banyak jalan untuk melancarkan kelahiran.
    1 jam setiap hari berjalan.

    Maunya memang lahiran normal, tetapi memang ada kondisi tulang panggung istri saya ada yang mengganjal, sehingga harus sectio caesar.
    Puji Tuhan semuanya lancar, ibu dan anak sehat.

    Reply

  10. dr said:

    Hai, Pak Jeffry …

    Thanks buat sarannya kemarin :)

    Usia kandungan istri saya sudah sekitar 6 minggu.

    Saya mau tanya … apakah di awal kehamilan, memang ada flek / bercak kuning kecoklat-coklatan yang keluar dari Mrs.V .. ? Apakah istri pak Jeffry juga begitu ?

    Apakah ini bisa dikatakan normal ?

    Kita sudah konsultasi ke dokter 2 hari yang lalu …
    Tetapi dokter bilang tidak bermasalah …
    Hanya saja, semalam bercaknya lebih banyak …

    Saya hanya ingin tahu .. apakah ini bisa dikatakan normal ?
    dan apakah istri pak Jeffry juga mengalami hal yang sama ?

    Thanks buat jawabannya nanti :)

    Reply

    admin Reply:

    mas dr..
    Selamat atas kehamilan istri mas dr :-)
    Istri saya tidak mengalami flek,tidak ada bercak.
    Hamil yg baik adalah tidak ada flek.
    Adanya flek menandakan bahwa rahim kurang kuat.
    5 bulan pertama harus kita jaga baik2.
    Ibarat menanam pohon, tunas harus berakar kuat. Janin pun juga harus berakar kuat di dalam rahim.
    Kalo flek sedikit biasa, tapi kalo banyak harus extra hati2.
    Lebih baik ke dokter lagi untuk pemeriksaan lebih lanjut, tentunya juga dikasih obat penguat.
    Dan jangan capek. Ada kasus, dia harus bed rest selama 1 bulan karena flek banyak.
    Semoga istri mas dr berhenti fleknya.

    Reply

  11. nitha said:

    halloo pak Admin…
    apa kabar? bgmn dgn istri nya? udah berapa bulan hamilnya?
    kalo saya udah mau masuk bulan ke 6, saya baca katanya anak nya pak jefri cwo yah… klo saya mah di USG katanya anak saya cwe… :-) alhamdulillah, berat badan saya udah naik sampai 5 kilo… dan dokter bilang waktu usia kehamilan saya masuk 19 minggu BB janin 342 gram, kata dokter bayi saya termasuk besar dan sehat… senang nya, mudah2 an istri nya pa Jefri diberikan kelancaran saat melahirkan nanti…
    begitupun juga saya nanti, Amin.

    Reply

    admin Reply:

    mbak Nitha..
    Puji Tuhan,istri saya udh 7 bulan masuk 8 bulan.
    Senangnya bayi kita sehat :-)
    Trima kasih untuk doanya
    semoga lancar semuanya, melahirkan normal
    Amin.

    Reply

  12. nana said:

    shallom..
    umur saya 22,saya menikah bln januari 08.slama ini haid saya tdk pnh tepat waktu,selalu 2 hari lbh awal atau lbh lambat.krn ingin hamil,saya menemui dokter kandungan,lalu saya diberi profertil.selama 3 bln saya blm hamil.hingga 2 bln lalu,haid saya telat 5hr.lalu bln ini,haid saya telat 6hr.tetapi seminggu lalu,sempat ada bercak darah selama sehari.payudara saya biasanya sakit hanya seminggu sblm haid.bulan ini sdh hampir 2 mgg.
    apa saya hamil?

    Reply

    admin Reply:

    Shallom juga mbak Nana…
    Saya mau tanya tanggal berapa haid terakhir?
    Haid-nya berapa hari? Apakah hanya sehari saja bercak darah?
    Ada beberapa kasus, meskipun hamil tapi masih mendapat haid tetapi dalam jumlah sedikit, dan biasanya bercak darah hanya sehari. Sedangkan payudara sakit baik mau hamil ataupun mau haid hampir sama ciri-cirinya.
    Jadi ciri-ciri mau haid hampir sama dengan ciri-ciri mau hamil, kadang sulit untuk membedakannya.
    Untuk memastikannya, bisa melakukan test-pack 2 minggu setelah haid.

    Reply

  13. nana said:

    pa admin..
    bulan ini saya dan suami blm berhasil lagi u/ memiliki momongan..:(padahal saya dan suami sudah diberikan obat kesuburan..
    mohon sarannya apakah ada obat lain yang bisa meningkatkan kualitas sperma pria..
    lalu mens saya bulan ini mundur 2 hari dari biasanya..pdhl saya dan suami sudah berfikir obat yang diberikan dokter mungkin manjur dan saya hamil tapi kenyataannya tidak begitu..dan mens saya lbh terasa sakit dibanding bulan2 sebelumnya serta mengeluarkan kumpalan2 seperti daging or hati berwarna merah.. kira2 itu kenapa pa admin, ap pengaruh obat kesuburan kemarin or saya sempat berfikir apakah itu calon embrio yang gagal..?
    mohon penjelasan dan sarannya..
    Terima kasih banyak..

    Reply

    admin Reply:

    mbak Nana…
    Kasusnya mbak Nana, ada 2 kemungkinan:
    1. Gumpalan seperti daging dan rasa nyeri saat haid bisa merupakan pertanda infeksi di sistem reproduksi
    2. Bisa saja gumpalan darah tsb adalah zigot atau calon embrio sudah jadi, tapi keguguran, karena ada rangsanan dari luar atau gara2 faktor hormonal yg menyebabkan zigot tdk menempel dengan kuat di dinding rahim.

    Saya belum bisa pastikan apakah kasusnya mbak Nana itu karena infeksi sistem reproduksi atau karena keguguran, untuk memastikannya sebaiknya diperiksa ke dokter. Mungkin pindah ke dokter lain, bila dokter yang sekarang kurang cocok.

    Reply

  14. nitha said:

    Pak Admin…
    skrg usia kehamilan saya usah masuk 14 minggu, sempat sakit 3 hari, batuk, flu dan demam, mau naikin berat badan, tp malah turun, total turun berat badan hampir 4 kilo dari awal kehamilan, gmn ya biar berat badan cepat naik ?

    Reply

    admin Reply:

    Halo Nitha…
    Jaga kesehatan ya supaya jangan sakit lagi…
    Ini istri juga lagi batuk. Batuk, flu dan demam untuk orang hamil gak boleh sembarang minum obat. Intinya gak ada obatnya untuk ibu hamil yang lagi sakit, supaya janin tidak terkena efek samping dari obat tersebut.

    Kalo istri saya dari bulan ke-4 sampai sekarang makan telor ayam kampung matang, minimal 3x seminggu.
    Telor ayam kampung-nya gak boleh setengah matang, harus benar-benar matang, dan ini membantu menaikkan berat badan di samping kita makan juga yang lain.
    Kalau mau bagus lagi, makan tiap hari telor ayam kampungnya.

    Reply

  15. dinda said:

    pengen kaya pak said…
    sdah 21 bulan ppernikahan kami tapi belum punya keturunan…pengen banget kaya bapak…kami sdh periksa ke dokter n lab…hasilnya bagus…tapi sy disarankan dokter untuk foto sel telur…..jenuh rasanya (krn utk foto muahaaallll)….adakah jalan lain??tlg sarannya y pak…terimakasih

    Reply

    admin Reply:

    mbak Dinda…
    Tujuan pemeriksaan foto sel telur (ovarium) salah satunya untuk melihat apakah ada tidaknya sel telur yang matang dan siap dilepaskan (ovulasi).
    Untuk pemeriksaan ini biasanya dilakukan pada hari ke-9 siklus haid dan diulang secara serial setiap dua hari untuk melihat adanya perkembangan sel telur. Sel telur yang siap untuk ovulasi (dilepaskan) berukuran rata-rata 20,1 mm.

    Jadi dokter intinya ingin tahu kondisi sel telur kita apakah baik atau tidak. Bila kondisinya baik, baru dilakukan pemeriksaan terhadap sel sperma suami.
    Bila kondisinya kurang baik, dilakukan terapi lebih lanjut.

    Bila mbak Dinda merasakan mahal foto sel telur, mungkin menabung dahulu.
    Atau yakin saja, dengan berdoa dan pasrah Tuhan pasti memberikan anak pada waktuNya.
    AMIN.

    Reply

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>