Tips Beli Mobil Bekas

Date June 19, 2008

Berikut beberapa tips membeli mobil bekas :

1. Periksa latar belakang mobil tersebut.
Hal ini tidak akan memberikan jaminan bahwa mobil tersebut OK untuk dibeli, namun bisa saja Anda mendapatkan informasi penting semisalnya; ternyata mobil tersebut sudah pernah mengalami tabrakan yang parah atau odometernya sudah pernah dirubah, cat sudah tidak orisinal lagi, atau mesin pernah diganti.

2. Minta tolong rekan Anda yang lebih pandai dalam memilih mobil bekas
Sebaiknya anda ditemani oleh rekan anda yang memang benar-benar mengetahui seluk beluk mobil, mulai dari bodi dan mesin. Ini akan memudahkan anda untuk memutuskan apakah mobil incaran anda patut dibeli atau tidak.

3. Jangan pernah membeli mobil bekas tabrakan yang parah.
Terutama yang terkena tabrakan frontal. Akan ada banyak masalah yang timbul belakangan akibat dari tabrakan parah tersebut. Cara yang paling mudah adalah buka kap mesin mobil, lihat tulang-tulang dibalik kap mesin, lihat tulang2 rangka dekat lampu utama, bila kondisinya tidak lurus atau banyak dempulan, dipastikan mobil pernah mengalami tabrakan yang lumayan parah, urungkan niat membeli mobil tersebut.

4. Jangan langsung membeli mobil bekas saat Anda pertama kali melihatnya
Bersabarlah. Coba dulu mobil tersebut, biasanya masalah akan terdeteksi jika mobil dicoba di jalan terlebih dahulu.

5. Jangan percaya langsung jika pemilik berkata bahwa mobil ini tangan pertama
Dan hanya dipakai di jalan tol saja. Kemungkinannya adalah mobil tersebut adalah bekas dari perusahaan rental. Pastikan semua surat-surat dalam kondisi lengkap, dan sesuai dengan nomer rangka dan nomer mesin yang terdapat pada kendaraan. Hati-hati mesin mobil bekas sangat mudah di-swap/diganti, jadi pastikan nomer mesin sesuai dengan yang ada di BPKB.

6. Jangan membeli mobil tersebut jika Anda masih merasa bimbang.
Idealnya mesin yang kita harapkan mesin yang memiliki suara halus saat dihidupkan, pastikan tidak ada suara-suara mencurigakan saat mesin hidup. Lihat apakah ada kebocoran oli di mesin, kemudian periksa kebelakang apabila bau gas pembuangan membuat perih dimata ada hal yang kurang beres dengan mesinnya. Kalau menurut Anda mesinnya agak berisik, transmisinya kurang halus, agak berkarat, dan sebagainya. Lebih baik Anda mencari mobil bekas lainnya.

7. Jangan beli mobil yang mana Anda harus melakukan “sedikit” perbaikan, karena kenyataannya Anda harus melakukan perbaikan sana-sini tanpa henti-hentinya.

8. Jangan membeli mobil yang bekas terkena banjir. Air dapat menyebakan mobil tersebut berkarat, kerusakan perangkat elektronik, kerusakan pada transmisi, dan sebagainya. Cara termudah melihat mobil apakah pernah terkena banjir adalah dengan mecium aroma interior bila berbau apek tidak sedap semacam bau karpet basah dipastikan mobil bekas terkena banjir. Indikator lain juga bisa dilihat pada lampu2 apakah terdapat kotoran lumpur masih tersisa disana.

9. Jangan terlalu skeptis dan kasar terhadap penjual mobil tersebut. Walaupun kita kurang percaya kepada penjual mobil, namun banyak juga penjual mobil yang benar-benar jujur.

10. Tetaplah berpendirian, namun jangan kasar, bersikaplah baik kepada mereka dan mereka pasti siap membantu Anda.

Ratings :

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (6 votes, average: 2.00 out of 5)
Mobil Bekas

Berikut beberapa tips membeli mobil bekas : 1. Periksa latar belakang mobil tersebut. 2. Minta tolong rekan Anda yang lebih pandai dalam memilih mobil bekas 3. Jangan pernah membeli mobil bekas tabrakan yang parah 4. Jangan langsung membeli mobil bekas saat Anda pertama kali melihatnya

">
Loading ... Loading ...

5 Responses to “Tips Beli Mobil Bekas”

  1. Info Mobil | www.koleksimobil.com said:

    [...] Artikel dicopy dari sini [...]

  2. Kaos Bali said:

    thanks infonya.
    Saya ingin beli mobil untuk usaha dagang.
    Kira-kira mobil yang bagus tahun berapa ya??
    kalo beli baru gak mungkin.
    Belum ad banyak duit..
    he..he..he……

    Reply

  3. bram said:

    Wah, makasi infonya sangat membantu kami

    please klik web site kami http://www.mobilmandiri.com

    Reply

  4. Liputra said:

    Untuk mengecek semua komponen, tentu tak cukup selesai satu hari. Ketika mesin di starter, tokcer, dan digas antara 2.000 dan 3.000 rpm tidak berebet. Apakah calon pembeli sudah cukup puas? Ditambah kondisi bodi agak mulus.

    Metode itu belum cukup. Perlu dicoba tes jalan, dari situ bisa diketahui kondisi rem dan laju mobil. Dengan mengenali gejala penyakit umum ini, tentu bisa dijadikan bahan pertimbangan sekaligus persiapan dana untuk perbaikan jika memang ingin membeli mobil bekas tersebut.

    Reply

  5. irma said:

    Membeli mobil bekas adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah, gampang dikarenakan mobil bekas, misalnya merk Toyota yang populasinya cukup banyak hingga sangat mudah mencarinya.
    Susah bila mobil bekas yang sudah lumayan berumur, dipastikan pasti banyak komponen yang memang sudah banyak diganti.

    Sebelum mencari mobil bekas idaman, tentukan dulu budget keuangan, agar memudahkan memilih tahun mobil yang sesuai dengan isi kantong.
    Carilah patokan harga pasaran mobil bekas yang jadi incaran agar tidak tertipu.
    Jangan lupa setiap mobil bekas pasti akan membutuhkan biaya tambahan untuk rekondisi besar ataupun kecil jadi tetap sisihkan budget untuk biaya perbaikan.

    Selamat hunting mobil second :-D

    Reply

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>